UNSYIAH: SELEKSI JALUR MANDIRI UNSYIAH ( JMU ) / EKSTENSI ( S-1 ) DAN ( D-III ) TAHUN 2010

Dalam rangka memperluas dan mempermudah akses masyarakat untuk mengikuti pendidikan di Universitas Syiah Kuala dengan tetap mengedepankan kualitas calon mahasiswa. Seleksi Masuk Universitas Syiah Kuala dengan Jalur Mandiri Unsyiah (JMU) untuk Jenjang Studi S1 dan DIII merupakan pola seleksi yang dilaksanakan dengan satu sistem yang terpadu dengan menggunakan soal yang sama dan setara dan diselenggarakan serentak di seluruh Fakultas/ Jurusan/ Prodi di lingkungan Universitas Syiah Kuala.

Mulai tahun 2010, untuk pertama kalinya, pendaftaran JMU akan dilakukan secara online. Hal ini bertujuan untuk mempermudah proses pendaftaran calon peserta dapat mendaftar tanpa harus hadir di Universitas Syiah Kuala, serta untuk memperluas akses karena dapat dilakukan berbagai cara dari tempat tinggal calon mahasiswa. Selain itu, pendafataran JMU secara online dimaksudkan untuk memperluas manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di tengah masyarakat sebagai bagian dari proses pendidikan.

1. PERSYARATAN


A. Seleksi
1. Lulus Ujian Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional SMA/MA/SMK/MAK atau yang setara tahun 2008, 2009 dan 2010.
2. Sehat
3. Tidak buta warna bagi program studi tertentu.

B. Penerimaan
Lulus Ujian Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional, lulus JMU 2010, sehat dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh Universitas Syiah Kuala.

2. CARA PENDAFTARAN DAN BIAYA UJIAN


Cara pendaftaran JMU dilakukan oleh calon peserta secara online melalui internet dari manapun. Dengan membayar biaya ujian sebesar Rp.300.000,- melalui seluruh cabang Bank Mandiri yang terdekat.

3. JENIS UJIAN


1) Ujian Tertulis :
a. Tes kemampuan Dasar terdiri atas mata ujian Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.

b. Tes Kemampuan Bidang Studi:
i. Tes Bidang Studi IPA terdiri atas mata ujian Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika.
ii. Tes Bidang Studi IPS terdiri atas mata ujian Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi.

2) Ujian Keterampilan dan wawancara untuk beberapa program studi.


4. PENYELENGGARAAN TES KETERAMPILAN


Peserta ujian Jenjang Studi S1 yang memilih program studi Penjaskesrek dan Sendratasik diwajibkan mengikuti Ujian Keterampilan. Peserta Ujian Jenjang Pendidikan DII yang memilih program studi Sekretaris dan Perbankan mengikuti ujian wawancara.

5. JADWAL UJIAN

1. Ujian Tulis

S1
- Selasa, 27 Juli 2010
- Tes KemampuanDasar
- Tes Kemampuan IPA untuk kelompok IPA, dan Tes Kemampuan IPS untuk kelompok IPS

DIII
- Minggu, 8 Agustus 2010
- Tes kemampuan Dasar
- Tes Kemampuan IPA untuk kelompok IPA, dan Tes Kemampuan IPS untuk kelompok IPS

2. Ujian Keterampilan dan wawancara
Tes Keterampilan untuk Jenjang Studi S1 Prodi Penjaskesrek dan Sendratasik dilaksanakan 28-29 Juli 2010.Tes Wawancara untuk Jenjang Studi DIII Prodi Sekretaris dan Perbankan dilaksanakan pada tanggal 4-5 Agustus 2010.

6. PEMBOBOTAN HASIL UJIAN

1. Program Studi yang tidak mengadakan Tes Keterampilan, proporsi bobotnya adalah sebagai berikut:
a. Tes Kemampuan Dasar : 30%
b. Tes Kemampuan Bidang Studi : 70%

2. Program Studi yang mengadakan Tes Keterampilan, proporsi bobotnya adalah sebagai berikut:
a. Tes Kemampuan Dasar & Kemampuan Bidang Studi : 50%
b. Ujian Keterampilan dan wawancara : 50%

7. PENILAIAN HASIL UJIAN


Penilaian hasil ujian menggunakan ketentuan sebagai berikut :

Jawaban BENAR : + 4
Jawaban SALAH : – 1
Tidak Menjawab : 0

Setiap mata ujian akan dinilai berdasarkan peringkat dengan skala nol sampai seratus sebelum nilai tersebut dijumlahkan. Oleh karena itu, setiap mata ujian harus dikerjakan sebaik mungkin dan tidak ada yang diabaikan.

8. MEKANISME PENDAFTARAN


Bagi lulusan tahun 2008, 2009, dan 2010, Pendaftaran secara online untuk jenjang pendidikan S1 dilaksanakan mulai 12 Juli 2010 pukul 08.00 WIB dan berakhir tanggal 23 Juli 2010 pukul 16.00 WIB. pendaftaran secara online untuk jenjang pendidikan DIII dilaksanakan mulai tanggal 12 Juli 2010 pukul 08.00 WIB dan berakhir tanggal 5 Agustus 2010 pukul 16.00 WIB.

Pendaftaran secara online dilakukan melalui internet dari manapun melalui website di http://www.jmu.unsyiah.ac.id dengan tata cara sebagai berikut:

  1. Calon peserta membayar biaya ujian melalui loket/ ATM/ Internet Banking Bank Mandiri dengan membawa kartu identitas calon peserta yang berupa salah satu dari: KTP/ SIM/ Paspor Indonesia/ Kartu Keluarga/ Kartu Pelajar. Khusus bagi yang menggunakan paspor sebagai identitas diri, pembayaran hanya dapat dilakukan melalui loket atau Internet Banking.
  2. Pembayaran untuk Jenjang Pendidikan S1 dan DIII dapat dilakukan mulai tanggal 12 Juli 2010.
  3. Ketika melakukan pembayaran, calon peserta harus memasukkan nomor kartu identitas peserta dan memilih kelompok ujian yang dikehendaki (IPA/IPS)
  4. Setelah melakukan pembayaran, calon peserta akan menerima bukti pembayaran yang berisi: (a) Nomor Identitas calon peserta, dan (b) PIN JMU sepanjang 10 karakter. PERHATIAN : Nomor Identitas dan PIN JMU ini bersifat sangat rahasia dan tidak boleh diperlihatkan pada orang lain dan hanya dapat dipergunakan untuk melakukan pendaftaran online satu kali saja. Konsekuensi kelalaian menjaga kerahasiaan informasi tersebut sepenuhnya menjadi tanggung jawab calon peserta.
  5. Calon peserta melakukan pendaftaran secara online (melalui internet) dengan alamat http://www.jmu.unsyiah.ac.id dan memilih menu Pendaftaran.

Untuk melakukan pendaftaran secara online, calon peserta harus menyiapkan:

1) Bukti pembayaran.

2) Kartu identitas yang dipakai ketika melakukan pembayaran.

3) Fotokopi ijazah/tanda lulus.

4) File pasfoto berwarna ukuran 4 x 6 cm (terbaru) 60 – 80 persen tampak muka, format (JPG, PNG, GIF, BMP, dll) dengan ukuran maksimum 100 KB dan resolusi minimum 400 x 600 pixels.

5. Calon peserta harus memasukkan Nomor Identitas dan PIN JMU yang tercantum dalam bukti pembayaran serta memasukkan huruf-huruf pada kotak yang tersedia kemudian menekan tombol Login. Jika nomor identitas peserta yang diberikan oleh Bank Mandiri tidak sama dengan nomor identitas yang digunakan maka peserta harus melapor ke Bank Mandiri terdekat untuk mendapatkan penggantian bukti pembayaran yang baru.

6. Calon peserta mengisi borang (formulir) pendaftaran elektronik (e-PDF) sesuai dengan petunjuk yang ada secara benar. Semua informasi yang diisikan dalam borang ini harus benar. Kesalahan/ kecurangan dalam pengisian borang ini berakibat pembatalan penerimaan sebagai mahasiswa di Universitas Syiah Kuala.

7. Calon peserta harus menyimpan dan mencetak file Kartu Bukti Pendaftaran online.

8. Calon peserta menandatangani Kartu Bukti Pendaftaran.

9. Kartu Bukti Pendaftaran yang telah ditandatangani berlaku sebagai Kartu Tanda Peserta JMU 2010. Kartu ini harus disimpan dengan baik dan dibawa ketika mengikuti ujian.

10. Setelah melakukan langkah 1 sampai dengan 9, calon peserta telah resmi dinyatakan sebagi peserta ujian JMU 2010.

Tutorial tatacara pendaftaran dapat diunduh dihttp://www.jmu.unsyiah.ac.id mulai tanggal 11 Juli 2010

9. PENGUMUMAN HASIL UJIAN


Hasil ujian dapat di lihat pada website http://www.jmu.unsyiah.ac.id, untuk Jenjang Pendidikan S1 diumumkan pada hari Sabtu, 31 Juli 2010 mulai pukul 00.00 WIB. Sedangkan untuk Jenjang Pendidikan DIII hari Rabu, 11 Agustus 2010 mulai pukul 00.00 WIB.

10. SITUS RESMI JMU


1.
Website resmi JMU 2010 adalah http://www.jmu.unsyiah.ac.id Segala informasi mengenai JMU dapat diakses melalui situs web tersebut.

2. Alamat Panitia Pelaksana JMU 2010 adalah Gedung Rektorat Unsyiah lantai 1 & 2, Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh.

11. LAIN-LAIN

Panitia Pelaksana JMU berhak mengubah informasi ini tanpa pemberitahuan terlebih dulu.

Klik untuk mengunduh Buku Panduan JMU dan Tata Cara  Pembayaran JMU 2010

KONTAK

Help Desk JMU 2010 Universitas Syiah Kuala: 081360094061 atau 085227408385

About these ads

75 thoughts on “UNSYIAH: SELEKSI JALUR MANDIRI UNSYIAH ( JMU ) / EKSTENSI ( S-1 ) DAN ( D-III ) TAHUN 2010

    • Saya Rasa Untuk Program Mandiri ini cukup mahal bila dibandingkan dengan Jalur seleksi yang lain, karena seleksi ini merupakan otoritas dari universitas sendiri tanpa campur tangan dari suata lembaga atau pemerintah sendiri dengan tetap masih berpegang pada undang-undang..

    • Untuk JMU saya kurang tau…tapi untuk mandiri biasa nya Kedokteran gigi maupun umum dibuka…sedikit untuk informasi bahwa untuk pertama kali ini Unsyiah membuka prodi Teknik Informatika yang diseleksi dari JMU…

    • Yaa,,,lumayan mahal..bahkan ada teman saya yang lulus jalur mandiri pada jurusan kedokteran umum harus menyediakan uang pembangunan sebesar Rp 120 juta(sekitar itulah saya dengar) itu untuk tahun yang lalu…beda dengan lulus UMB dan SNMPTN yang hanya memmbayar paling 5 juta-an.!!

    • hmm..tuk fakultas ekonomi saya kurang tau banyak…!!!setahu saya yang mengikuti jalur mandiri umum nya lebih di dominan oleh kelompok IPA.coba aja tanya ama kakak leting yang udah kuliah di Fak.Ekonomi,cari tau aja ama mereka,tentu nya mereka akan lebih banyak tahu..karena untuk satu ruang kulih itu dicampur dengan jalur lain seperti USMU,UMB,SNMPTN,JPD dan Mandiri..pasti mereka saling tukar informasi.

  1. maaf~

    soal jmu tu gimna yha?

    sama dgn snmptn/jmu thn kmrn?
    isu”‘a tes’a cuma pura?

    i cant believe that!!

    thx ya bro~

    • untuk soal yang akan di tes..!!
      soal nya mungkin agak lebih mudah daripada SNMPTN…
      untuk bahwa ujian isu’ nya pura” saya tidak bisa berkomentar lebih…
      tapi itu semua terkesan politik ( permainan doang )!
      universitas tentu membutuhkan dana yang lebih besar untuk progam ke depan…
      jadi,katakan lah yang ikut sekitar 300 orang ( misalnya)..
      setidak nya 10 atau 20-an orang tentu tidak di luluskan biar jangan terlalu di ekspos ( kalau bisa mau meluluskan semua nya ) baik nya ikut aja dulu….
      Yang Jelas banyak teman saya yang lulus…padahal prestasi akademik nya kurang…
      Itu yang saya ketahui.!!!
      bisa tanyakan pada orang lain..!!!
      Trims…

  2. Teknik Informatika itu lebih spesifikasi mempelajari pemrograman komputer seperti mendesign web,Database design, networking,mobile computing,dan menciptakan software

    Teknik Informasi lebih ditujukan pada manajemen komputasi,yaitu memanajemen kan hasil dari teknik informatika

    Untuk Teknik informatika di Unsyiah baru tahun ini dibuka dan menerima mahasiswa baru yang diseleksi dari JMU dan itu S1,tapi kalau yang teknik informasi di unsyiah belum dibuka,

    TErima KAsih

  3. Kalau saya daftar dan lulus di JPU apakah biaya mahal di sana, atau adakah bantuan biaya siswa pada jalur JPu ini. TYrimks

    • untuk JMU…
      biaya studi nya tergantung terhadap jurusan/program studi yang dipilih atau lulus…
      mahal atau tidak tergantung pada program studi tersebut…!!
      Biaya dan kuota yang diterima pun telah diumumkan…
      hhm..utk beasiswa tentu ada…
      tergantung pada beasiswa yang akan di pilih…

  4. kenapa pengumuman JMu tidak tepat pada waktu yg telah di tentukan,, tadi di bilang jam 2 pas,, krg dah di bilang jam 3,, habis jam berpa pula,, ini habis waktu menunggu jam saja,, gimana sih kinerja panitia JMU ini,,

    • bukan kah telah di jelaskan bahwa untuk jurusan tertentu akan ada seleksi lain yang mendukung seperti jurusan teknik arsitek mengadaka tes kembali diluar jalur…

      Tentu dengan tidak mengikuti seleksi wawancara akan digugurkan…

  5. biaya untuk d3 teknik biaya berapa ya? tapi isu2 nya katanya pembangunan nya di bayar 4 tahap betul gak ya? tolong coment nya di kirim ke email saya, teriama kasih

    • maaf,telat untuk saya balas..!!!

      udah coba untuk ke PUKSI Unsyiah bila lupa pasword ke situ-lah kita harus melaporkan..!!!!
      PUKSI juga dapat adek kunjungi di Puksi Fakultas Masing2x ajha…!!!

      atau lebih mudah nya, bisa minta bantuan pada himpunan jurusan untuk membantu.!!
      laorakan secepatnya berikan penjelasan pada mereka, biasanya mereka akan tetap membantu..!!!

      GooD LucK..!!!

      • saya uda kepuskom dr hr jumat kemaren mpe skrg ga di tanggap. gimana kak? mpe skrg lum kelar jg. saya lulus di kip biologi,.. oya apa maksd kk kunjungi puksi msg2 faklts ke bagian kemahasiswaannya ya kak? kalo ga ditanggap jg gmn? knp rumit gini ya kak. uda pusing ga tau gmn lg.. mana puasa kak, ga ada yg kasihan ma saya. klo ga bs ambil mku, rugi sks donk kak ya…:D. Tkhs kak jwbn nya.

  6. saya mau nanyak kak Muri Wandany…
    mau masuk pendidikan dokter apa saja syaratnya & berapa biayanya kak ? ” total”

  7. assalamu`alaikum…
    saya mau tanya apakah ada program ekstemsi bg mahasiswa yang ingin nyambung kuliah dari D3 ke S1…..?
    khususnya teknik kimia,,,trims..

  8. assalamualaikum.
    maaf saya mau tanya mengenai biaya persemester dari jurusan informatika tahun ini berapa ya

    • saya rasa tidak seperti itu, jalur yang ada sekarang ini hanya menentukan jumlah biaya SPP dan lainya selama perkuliahan dilaksanakan..,
      jadi, bila lulus nanti tidak ada pembedaan ijazah menurut jalur masuk.., itu sepengetahuan saya..

  9. kak apakah untuk tahun ini peserta jmu banyak yang diterima…..

    trz program studi apa saja yang masih mempunyai banyak lowongan bagi peserta jmu

  10. dah ikot tes tapi pngmumannya g bsa dcek dinternet,,,,
    gak jelas juga,,,,,
    kta’a tnggal 28,,,,,
    seharusnya panitia pnyelenggara memberi tahu kepada siswa yg ikot tes,, kalau pngumumannya diberitahukannya lewat man,,,,,

  11. assalamu’alaikum..
    saya mw tnya..apakah uang pembangunan mahsiswa kdokteran mandiri bisa 2 kali bayar???
    mohon pencerahannya…
    teimakasih…

  12. assalamualaikum, tahun ini JMU kapan dilaksanakan kak? mohon balasannya atau hubungi saya 085761151316. terimakasih :)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s