Kemendiknas Sediakan Rp 1 T untuk Tingkatkan Jumlah Doktor

Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas), Mohammad Nuh, mengatakan, jumlah doktor atau strata tiga (S-3) di Indonesia masih minim. Dari total 270 ribu dosen, hanya ada 23 ribu yang sudah mendapat gelar S-3 atau tidak sampai 10 persen. Oleh karena itu, Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) menyediakan Rp 1 triliun untuk meningkatkan jumlah sarjana S-3 secara besar-besaran pada 2014.

Kami sudah bersepakat knowledge society itu dimotori oleh ekonomi yang berbasis pada penelitian. Kata kuncinya pada orang, maka kita harus ciptakan dan buat terobosan 2014 tingkatkan produk S-3 secara signifikan,” ujar Mendiknas usai konfrensi pers di Kantor Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas), Senin malam (28/6). Rencana peningkatan gelar doktor itu, salah satunya dengan memberikan beasiswa kepada para alumni olimpiade sains.

Namun, jumlah orang yang dapat diandalkan dari olimpiade hanya sedikit. Oleh karenanya, Kemendiknas akan mencari sumber lain dari lulusan S-1, baik dari kalangan dosen maupun masyarakat yang akan diberi fasilitas menempuh pendidikan hingga jenjang S-3 di dalam dan luar negeri.

Yohannes Surya, Pendiri Yohannes Institute, mengatakan, Indonesia terlambat mencetak doktor dibandingkan negara lain. Taiwan mampu mengirim warganya studi hingga doktor ke luar negeri 5.000 orang per tahun. Di Amerika Serikat, jumlah doktor sudah mencapai 1,5 juta orang. Padahal, kata Yohannes, di Indonesia doktor bidang sains teknologi kurang 1.000 orang.

Yohannes menegaskan jika ingin mempercepat kenaikan jumlah doktor, pemerintah harus mengirim minimal 3.000 orang per tahun belajar pascasarjana. ‘‘Dengan dana Rp 1 triliun yang dianggarkan pemerintah akan mampu mengirim hingga 3.000 orang belajar ke luar negeri. Biaya pendidikan di luar negeri juga tidak terlalu mahal. Di Prancis misalnya 250 Euro per tahun, tapi biaya hidupnya tinggi,” jelasnya.

One thought on “Kemendiknas Sediakan Rp 1 T untuk Tingkatkan Jumlah Doktor

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s