Kemendiknas Segera Susun Standarisasi PAUD

Banyaknya lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan fenomena yang sangat positif. Pasalnya menjadi pertanda positif bagi orang tua jika ternyata pendidikan pada usia anak tumbuh kembang khususnya di bawah lima tahun sangat penting.

Jika anak sejak usia dini dididik, maka nanti tumbuh kembangnya akan baik. Nantinya, akan terbentuk, generasi yang unggul ditambah dengan pendidikan yang dilakukan para orangtua dirumah yang sesuai dengan kemampuan anak,” kata Dirjen PAUD Kemendiknas, Sudjarwo Singowidjoyo kepada wartawan di Universitas Katolik Wiyata Mandala, Kamis (24/6/2010).

Seiring dengan perkembangan PAUD di Indonesia yang mencapai sekitar 85 ribu lembaga dengan jumlah pengajar sekitar 180 ribu pengajar. Maka Kemendikanas saat ini sedang menyusun standarisasi PAUD.

Ada 12 standarisasi yang sedang kita susun diantaranya, metode pengajaran dan pendidikan, kompetensi, perijinan serta sarana dan prasarana belajar yang dibutuhkan,” tuturnya.

Dari jumlah puluhan ribu lembaga dan ratusan ribu pengajar PAUD, Sudjarwo mengungkapkan jika sebanyak 50 persen pendidik PAUD di Jawa sudah memenuhi standar. Sedangkan di Indonesia timur hanya 20 persen, oleh karena itu pihaknya membuat standarisasi.

Karena selama ini tenaga pendidik berasal dari ibu-ibu PKK dan ada juga yang hanya lulusan SMP sehingga perlu adanya standarisasi,” ungkapnya.

3 thoughts on “Kemendiknas Segera Susun Standarisasi PAUD

  1. sy di kab. gowa kalau di bagaiman pak/ibu sy pengelolah Paud KB/TK dhifa sy juga kepingin kuliah dan biaya o;leh paud ….bagaiman caranya …..sudah 5 tahun salam kami butuh infonya kirim saja di email kami acheffendi@gmail.com trims

  2. Kpd Yth. Bp. Dirjen Paudni mhon di perhatikan kpd para kder paud wlau msih bnyak lulusan SD dan SMP tp pengabdiannya ckup lama di bdang Paud, yg di utamakan standar ksejahtraannya, sbgai tmbal blik slama pengabdian.

  3. Setuju dengan apa yang dikatakan kang setiawan terkadang dikarenakan faktor pendidikan tidak sesuai mereka yang lulusan SD, SMP yang mengabdi pada negara di Sektor pendidikan anak usia dini tidak terperhatikan kesejahteraannya… dimohon kepada Yth. Direktur PAUDNI untuk lebih memperhatikan mereka….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s