Mengulik Jurusan IT yang Lagi Tren

SAAT ini, dunia sedang bergerak dari dunia nyata menuju dunia digital. Perubahan tersebut menuntut tersedianya tenaga ahli yang mumpuni dalam bidang teknologi informasi (TI). Akibatnya, sekarang pun marak dibuka jurusan TI di berbagai universitas.

Salah satunya di Binus University. Teknik Informatika dan Sistem Informasi adalah dua jurusan yang diminati banyak mahasiswa. Di jurusan Teknik Informatika, mahasiswa akan mempelajari application technology, software methods and technology, serta systems infrastructure dalam pengembangan information and communication technology (ICT). “Jadi, kita belajar untuk tidak hanya menggunakan teknologi informasi saja, tetapi juga menjadi developer atau produsen,” jelas Ketua Jurusan Teknik Informatika Binus University Freddy Purnomo kepada okezone, Rabu (28/7/2010).

Freddy menjelaskan, dalam bidang TI, ada tiga stream (saluran) yang saat ini memiliki prospek bagus untuk peluang kerja atau bisnis yaitu web technology, game technology, dan mobile devices. “Bisnis di dunia TI, khususnya internet masih sangat luas. Ibaratnya seperti lahan tidur yang masih perlu kita garap lebih serius,” tutur Freddy.

Menurut Freddy, yang berpotensi menggarap lahan tidur tadi secara lebih serius adalah para remaja yang dia sebut sebagai ‘digital natives‘. “Jadi, ketika dewasa, mereka akan melihat dunia digital sebagai sesuatu yang nyata di mana mereka bisa tinggal dan mencari penghasilan,” imbuhnya. Ini juga yang menjadi sebab maraknya jurusan TI di berbagai universitas yaitu keingintahuan para digital natives tersebut tentang TI yang mereka gunakan sehari-hari seperti internet.

Di Binus, ada lima peminatan dalam jurusan TI. Pertama, peminatan software engineering. Di sini para mahasiswa mendalami berbagai metodologi dan alat bantu pengembangan perangkat lunak. Kedua, peminatan intelligent systems, yaitu mendalami berbagai teknik kecerdasan komputer yang dapat diterapkan untuk memecahkan suatu permasalahan.

Ketiga, peminatan network and applied network, yakni mendalami bidang jaringan komputer meliputi instalasi, administrasi dan manajemen suatu jaringan komputer (CISCO). Keempat, peminatan database technology dan applied database yang mendalami berbagai teknologi dan perkembangan sistem basis data (ORACLE). Kelima, peminatan interactive multimedia, yaitu mendalami betbagai metodologi dan alat bantu pengembangan aplikasi berbasis multimedia.

Para lulusan TI yang mempelajari kelima peminatan tersebut nantinya berpeluang menjadi di antaranya system analyst, systems programmer, web designer, web programmer, IT consultant, multi media designer, atau game engineer.

Freddy yakin, kemampuan mahasiswa Indonesia dalam bidang TI tidak kalah dengan mahasiswa asing. “Saya berani bilang, pola pikir dan logika mahasiswa Indonesia bahkan lebih baik dibandingkan mereka yang di negara maju,” tegas pria berkaca mata ini.

Namun, Freddy menyayangkan, maraknya pembajakan membuat produk TI seperti software buatan Indonesia masih kalah saing dengan produk luar negeri. “Yang perlu kita kuatkan adalah pada quality control dengan menerapkan stress test sebelum suatu produk diluncurkan ke publik. Dengan demikian, kualitas produk TI kita juga teruji sehingga diminati masyarakat,” paparnya.

Freddy mengingatkan para mahasiswa dan pelajar yang kini sedang menekuni TI sebagai bidang studinya untuk tidak takut mencoba sesuatu yang baru. “Percayalah, modal IQ bangsa kita tidak kalah dari bangsa lain,” ujarnya yakin.

Pemerintah juga sudah mulai memberi perhatian pada perkembangan dunia TI di Indonesia, salah satunya melalui Information Communication Technology (ICT) Awards, sebuah kompetisi antarpelaku industri kreatif TI di Indonesia. Dalam ICT Awards ada ajang Buiness Mapping Programme (BMP) yaitu mempertemukan para produsen TI di Indonesia dengan para investor. “Ini merupakan langkah awal dan satu sinergi yang baik dari pemerintah,” pungkas Freddy

One thought on “Mengulik Jurusan IT yang Lagi Tren

  1. Ping-balik: Mengulik Jurusan IT yang Lagi Tren | Cabe Merah - Interlintas Berita dan Informasi Pilihan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s